23 Des 2011

Be a leader! Be CREATIVE


Udah lama banget ga nulis di blog ini dan kebetulan hari ini aku juga ikutan seminar yang lumayan ok, jadi aku mau berbagi dengan teman-teman. Mungkin ini cerita biasa dari orang biasa, tapi mungkin aja cerita biasa ini bisa menginspirasi orang-orang biasa lainnya lagi..

Ok, jadi hari ini aku jadi pergi ikutan seminar TED-nya Universitas Zhejiang (Aku sekarang masih seorang mahasiswa S2 di satu sekolah di Hangzhou, China), and it's kind of interesting:)
Aku kagum dengan mereka orang-orang yang akan dan sudah berhasil di bidang mereka masing-masing, dan paling ok-nya mereka masih mau berbagi rahasia sukses mereka dengan kita-kita. Two thumbs up for those guys..:)



Satu video yg diputer di acara seminar itu yang ngena banget ama aku. Video itu nampilin orang yang lagi kasih seminar di bagian barat sana, dia berbagi cerita tentang kepemimpinan. Dia ngasih liat penonton yang datang mengikutin acara seminar itu sebuah video. Pertama dalam video itu ada 2 orang yang menari di sebuah tempat luas yang notabene banyak banget orang. Sepenglihatan aku sih kayana itu tuh di pantai. Nah, sebelum mereka berdua menari, tentu ada satu orang yang jadi "provokator", dan orang inilah yang ngebuat orang kedua jadi ikut menari juga. Walaupun terkesan gila, tapi mereka tetap menari. Dan ga berapa lama datanglah orang ketiga untuk menari bersama mereka, maka bertambahlah kelompok gila mereka.

Tapi video ini ga berhenti sampai disini, selang beberapa menit, datanglah sekelompok orang yang bergabung dengan tiga orang yang sudah menari duluan. Kelompok orang yang menari pun makin lama makin bertambah, hal ini, seperti diakatan oleh orang yang memandu acara, adalah hal yang menarik orang lain, sehingga kelompok menari mereka bertambah banyak.

Dari video ini, aku merangkum sendiri, bahwa kita tidak perlu takut untuk menjadi orang yang berbeda dari orang lain dalam melaksanakan sesuatu. Saat kita mempunyai ide yang gila, atau mungkin bagi orang lain itu tidak mungkin, tapi kalau kita berusaha dengan sekuat tenaga, walaupun dengan tenaga kerja yang sedikit, suatu hari kita pasti bisa berhasil. Seperti Steve Jobs dengan perusahaan Apple dan Pixar-nya.

Di sisi lain pemandu acara juga mau memperlihatkan kepada kita, kekuatan seorang leader sangatlah penting. Seperti yang aku lihat di dalam video itu, satu orang yang tadinya menari sendiri sampai akhirnya hampir semua orang yang berada di pantai itu ikut menari bersama dia.

So, jangan takut untuk mencoba hal yang baru, dan jangan takut jadi pemimpin di kelompokmu!

1 comments:

Anonim mengatakan...

nice! bener banget video-video dari TED sangat menginspirasi! seperti video yang ini
http://www.youtube.com/watch?v=dE1DuBesGYM

Posting Komentar