17 Jan 2012

Kebanggaan

Bagaimana cara kita menilai kebanggaan kita terhadap negara kita saat kita berada di luar negeri?

Tiba-tiba pertanyaan itu muncul begitu saja dalam pikiran. Saya sekarang masih berstatus mahasiswa postgraduate di salah satu universitas terkenal di negara tirai bambu, dan pada kesempatan kedua kali saya belajar di China, saya memilih universitas di kota yang berbeda, yaitu kota Hangzhou.

Banyak orang yang bilang bahwa Hangzhou adalah kota pelajar, ini bisa dilihat dari banyaknya tempat bersejarah yang berhubungan dengan pendidikan ataupun mungkin yang nyerempet dikit dengan pendidikan. Kesan pertama saat saya sampai di kota ini adalah "tenang" dan "bersih". Mungkin kota ini adalah kota yang bersih dibandingkan beberapa kota di China yang lain, tapi kalo ketenangan, kota ini ternyata tidak memiliki ketenangan yang saya banyangkan, karena bagaimanapun juga China memiliki masyarakat yang sangat banyak, bahkan di kota kecil seperti Hangzhou.


Kembali ke topik awal, saat saya berada di negeri orang saya banyak melihat teman-teman satu negara mengapresiasikan kebanggaan mereka terhadap bangsa sendiri. Entah dengan membentuk organisasi yang berbau bangsa kita, ataupun dengan mengadakan acara kumpul-kumpul bersama, bertukar pikiran dsb.

Hal lain yang bisa kita liat lagi adalah saat kita berjalan-jalan dan melihat sesuatu yang berhubungan dengan negara kita. Misalnya saat kita pergi ke pasar swalayan dan melihat barang keluaran dari negara kita, kita bakal dengan bangga bilang ke teman yang tidak ikut pergi "Tadi di supermarket X ada barang negara kita loh!". Contoh lain lagi adalah saat kita melihat satu kata dalam bahasa kita di antara setumpuk banyaknya bahasa negara di mana kita berada, bahkan saat kata itu hanya sepatah kata yang sudah biasa saja seperti "Apa kabar" dan lain sebagainya. Yah, ini juga adalah contoh dari kebanggaan kita terhadap bangsa kita. Saya juga kadang-kadang bisa berkata dengan bangga pada teman dari negara lain bahwa barang negara saya di jual di negara orang, dan itu merupakan kebanggaan tersendiri bagi kita.

Tapi, apakah ini adalah suatu kebanggaan yang perlu kita banggakan?
Pada akhirnya ini adalah pertanyaan yang ada di pikiran saya. Saya berpikir, sebenarnya kita tidak perlu terlalu membanggakan hal-hal seperti itu. Kita boleh memberitahukan kepada teman-teman yang lain sebangsa ataupun berbeda negara, tapi tidak perlu membuatnya seolah-olah negara kita sangatlah hebat sampai membuat teman dari negara lain merasa kita itu freak.

Jadi, bagaimana caramu bangga terhadap bangsamu saat kamu berada di negara orang?

0 comments:

Posting Komentar